gomuslim.co.id – Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan pertemuan di Riyadh, Kamis (17/10/2019). Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk membentuk komite ekonomi dan dewan bisnis bersama kedua Negara.

“Keduanya juga membahas masalah Palestina dan upaya yang dilakukan untuk menjamin hak-hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya,” demikian seperti dilansir dari publikasi Saudi Press Agency, Jumat (18/10/2019)

Pertemuan Putra Mahkota Mohammed dengan presiden Palestina terjadi sehari setelah Raja Salman bertemu dengannya di Riyadh. Raja menyambut Abbas dan delegasinya ke Arab Saudi, sementara presiden Palestina menyatakan kegembiraannya untuk mengunjungi Kerajaan dan pertemuannya dengan raja.

Selain itu, Raja Salman juga menyelenggarakan makan siang untuk menghormati presiden dan delegasi yang menyertainya. Peningkatan hubungan bilateral menjadi topik utama yang dibahas dalam pertemuan itu.

 

Baca juga:

Warga AS dan Uni Eropa Bisa Akses Visa Turis Secara Daring di Arab Saudi

 

Abbas mengatakan, Palestina mendukung dan berdiri bersama Saudi dalam memerangi terorisme. Dia kemudian mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman atas dukungan yang diberikannya selama ini kepada rakyat Palestina.

“Raja Salman memperbarui dukungan Kerajaan (Saudi) bagi rakyat dan kepemimpinan Palestina, dan menawarkan semua yang diperlukan untuk mendukung upaya mereka mencapai hak-hak yang sah serta membangun negara merdeka di perbatasan 1967, dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” kata kantor berita Palestina, WAFA, dalam laporannya.

Saat bertemu Raja Salman, Abbas didampingi beberapa pejabat Palestina, antara lain Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina Saeb Erekat, Kepala Otoritas Umum Urusan Sipil Hussein al-Sheikh, Kepala Intelijen Mayjen Majdi Al-Khalidi, dan Duta Besar Palestina untuk Arab Saudi Bassam Al Agha. (jms/spa/dbs)

 

 

Baca juga:

Sempat Tertunda, Kerjaaan Saudi Mulai Kembali Pembangunan Masjid Tertinggi di Dunia