Upayakan Pemerataan Pendidikan, IZI Salurkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Tahfidz Quran

gomuslim.co.id – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menyediakan program Beasiswa Pelajar dan Beasiswa Mahasiswa Tahfiz sebagai upaya membantu peran pemerintah dalam pemerataan pendidikan serta hak setiap anak dalam memperoleh pendidikan yang baik. Dalam website resminya, IZI juga menyebutkan sejumlah permasalahan dalam dunia pendidikan juga pantas menjadi perhatian. Tingginya angka buta aksara salah satunya.

IZI perwakilan Sulawesi Selatan turut menyalurkan beasiswa demi membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu. Dalam penyaluran Beasiswa Pelajar kesempatan ini IZI perwakilan Sulsel bekerja sama dengan SMK 45 Tri Tunggal dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 17 siswa. Penanggung Jawab Program Beasiswa, Sarianto berharap program beasiswa ini bisa membantu anak-anak Indonesia, terkhusus di Sulawesi Selatan.

 

Baca juga:

Baznas Bekasi Canangkan Program Beasiswa Anak Dhuafa di Jenjang Perguruan Tinggi

 

“Program ini bukan hanya pemberian bantuan sekilas saja, yang setelah diberikan kemudian dibiarkan begitu saja. Khusus untuk mereka penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembinaan kerohanian dan sharing yang memotivasi setiap pekannya”, tuturnya.

Dengan merujuk data Dinas Pendidikan Sulsel, Sarianto memaparkan sebaran angka penduduk tuna aksara. Tuna Aksara Sulsel berada pada rentan usia 15-59 tahun, dengan cakupan antara 0,51 sampai 27 persen. Untuk Kota Makassar sendiri tahun 2019 mencapai angka terendah yakni 0,51 persen. Tentu ini bukan sebuah kebanggaan, karena total buta aksara di Sulsel sendiri berjumlah 5.145 jiwa. Sementara secara nasional, total penduduk buta aksara hingga tahun ini sekitar 1,93% dari total populasi penduduk. (nov/dbs/IZI)

 

 

Baca juga:

Tersedia Bantuan Penelitian, Kemenag Siapkan Beasiswa untuk Dosen Pendidikan Agama Islam