gomuslim.co.id – MUI DKI Jakarta mendapatkan kenaikan peringkat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 MUI di Mandalika, NTB. Rakernas yang diselenggarakan pada 11-13 Oktober itu menjadi hari bahagia bagi MUI DKI Jakarta sebab peringkat D sebelumnya berubah menjadi A. Berkat prestasi tersebut, MUI DKI Jakarta masuk kedalam 4 besar MUI provinsi terbaik di Indonesia mengikuti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar, menyampaikan laporan kerja dihadapan seluruh peserta rakernas bahwa MUI Provinsi DKI Jakarta tahun 2019 mampu mengubah seterotip MUI sebagai organisasi tradisional menjadi organisasi modern dengan beberapa langkah.

Langkah pertama yang dilakukan MUI DKI Jakarta adalah meresmikan aplikasi android dan pemasangan digital QR Code bagi perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI DKI Jakarta. Langkah kedua, MUI DKI menerima sertifikat ISO 9001:2015 sebagai bentuk profesionalisme dan transparasi kegiatan-kegiatan MUI DKI Jakarta.

 

Baca juga:

Menag: Meski Tak Terbitkan Sertifikat Halal, MUI Tetap Berwenang Beri Fatwa Halal

 

Ketiga, MUI DKI Jakarta mengadakan program Ganas Annar (Gerakan Nasional Anti Narkoba) yang memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat. “Dalam program ini, MUI DKI  bekerja sama  dengan pihak-pihak terkait, seperti BNN, polisi dan lain-lain sehingga keberadaan dan kiprah MUI DKI dapat benar-benar dirasakan oleh warga Jakarta,” kata Munahar, Rabu (16/10/2019). 

MUI DKI Jakarta tidak hanya mendapatkan nilai A dari MUI Pusat, namun juga mendapatkan penghargaan sebagai MUI Provinsi terbaik dalam bidang kelembagaan.

”Saya berharap ke depan MUI Provinsi DKI Jakarta bisa mempertahankan nilai yang telah dicapainya mulai dari peringkat A, menjaga persatuan dan kesatuan, dan mulai tahun ini proses kerja MUI sesuai dengan ISO,” ujarnya. (waf/rep/dbs)

 

 

Baca juga:

MUI Pertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015 dari WQA