gomuslim.co.id Orkestra Simfoni Tchaikovsky yang bermarkas di Moskow meresmikan festival “Budaya Rusia di Riyadh” dengan konser yang menampilkan bintang-bintang opera dan musik yang dibawakan oleh Felix Korobov.

Acara ini berlangsung di Pusat Kebudayaan King Fahd pada hari Senin. Kementerian Kebudayaan Saudi, bekerja sama dengan Dana Investasi Langsung Rusia, Russian Direct Investment Fund (RDIF) menyelenggarakan pertunjukan, pameran, dan pemutaran film untuk merayakan budaya dan ikatan Rusia antara kedua negara.

Orkestra Simfoni Tchaikovsky, didirikan pada tahun 1930, didirikan sebagai Moskow Radio Symphony Orchestra dan telah bermain di seluruh dunia.

Soprano Aida Garifullina dan bass Ildar Abdrazakov naik ke panggung di Riyadh dalam malam yang menyenangkan bagi banyak penonton opera pertama kali, dengan musik dari komposer terkenal Mikhail Glinka dan Nikolai Rimsky-Korsakov.

 

Baca juga:

Arab Saudi Bakal Jadi Negara Pertama untuk Uji Lintasan Transportasi Hyperloop

 

Konser dimulai dengan kutipan dari Glinka “Ruslan dan Lyudmila” dan, ketika malam berlalu, ada pertunjukan “Tsaritsa of Shemakha” dari opera “The Golden Cockerel” oleh Rimsky-Korsakov, dan “Song of the Varangian Guest” juga dari opera yang disusun Rimsky-Korsakov “Sadko.”

“Festival ini berlangsung melampaui semua harapan. Saya mendengar tentang kehebatan opera Rusia dan simfoni (orkestra) tetapi untuk membawanya ke depan pintu kami sangat menarik. Musiknya membawa Anda ke tempat lain, itu menenangkan namun bergerak pada saat yang sama,” kata pekerja sektor swasta berusia 24 tahun Mohammed Al-Dossari kepada Arab News.

Para tamu dan pejabat Saudi dan Rusia menikmati lebih dari satu jam pertunjukan spektakuler, dengan orang-orang bersorak di akhir pertunjukan.

Perayaan budaya Rusia juga menampilkan karya Vasily Kandinsky, yang secara luas diakui sebagai salah satu bapak seni abstrak dan yang lukisannya dipamerkan di museum dan galeri top dunia. Karya seni ini berasal dari Museum Rusia Negara St. Petersburg.

Pameran lain, “Intelegensi Buatan dan Dialog Antarbudaya,” menampilkan karya 14 seniman dari 10 negara yang mengeksplorasi kemungkinan artistik dari kecerdasan buatan.

Selain itu, “Budaya Rusia di Riyadh” juga akan menampilkan Pekan Sinema Rusia, mulai Selasa, menayangkan 10 film Rusia klasik, animasi, dan modern yang dipilih secara khusus untuk audiens Saudi. (fau/arabnews/dbs)

 

Baca juga:

Festival Saudi Usung Konsep Baru pada KTT G20 2020