gomuslim.co.id – Komunitas Remaja Islam Sunda Kelapa kembali menjalankan program akhir pekannya dalam majelis ilmu. Kali ini, Pengajian Akhir Pekan Remaja Sunda Kelapa (PARIS) mengangkat tema “Jangan Salah Pilih” yang diangkat dari Kitab Ta’limul Muta’allim.

Ketua Bidang Kajian Publik Riska, Khairil Anwar mengatakan, pembahasan kali ini terkait adab menuntut ilmu. Katanya, tema “Jangan salah pilih” ini termasuk dalam sub tema Ta’limun Muta’alim. Di mana kitab itu membahas tentang menuntut ilmu.

Ketua Bidang Kajian Publik Riska, Khairil Anwar

 

“Tema jangan salah pilih ini termasuk pada adab menuntut ilmu,” ungkap Khairil Anwar kepada gomuslim di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta pada Jumat malam (11/10/2019).

Ia mengungkapkan, kajian Kitab Talimul Muta’allim merupakan  pembahasan berseri. Menurutnya, pembahasan itu bertujuan kepada fenomena hijrah yang diterima para kaula muda saat ini, akan tetapi hidayah yang diterimanya tersebut, menetapkan kepada kajian ilmu yang tidak tepat.

“Hijrah itu dimana-mana sekarang. Tapi tidak sedikit, banyak yang keliru dalam mendapatkan ilmu di kajian, sehingga imbasnya ada pada kesalahan dalam pemahamaan  yang berakibat kepada tidak adanya perubahan aqidah maupun akhlak pada seseorang, sehingga tidak terlihatnya bahwa orang tersebut telah menerima hidayah,” ungkap Khairil.

 

Baca juga:

Pengajian Akhir Pekan RISKA “Jangan Salah Pilih”

 

Sementara itu, Ustad Muhammad Syukron Muchtar LC selaku ustad pengisi kajian PARIS melihat banyaknya hijrah dikalangan pemuda, tidak memiliki tempat dimana menuntut ilmu, sehingga tidak sedikit yang salah pilih majelis ilmu.

“Saya angkat tema jangan salah pilih ini juga ada kaitannya dengan menuntut ilmu. Maksud dari jangan salah pilih ini adalah, jangan salah pilih ilmu yang dikaji, jangan salah pilih guru tempat kita mengaji, dan jangan salah pilih teman menuntut ilmu. Jadi saya akan membahas ilmu seperti apa yang memang harus kita pelajari sesuai Alquran dan Hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam, sesuai dalam kitab Talimul Muta’alim,” terang Ustad.

Ia berharap dalam kajian yang disampaikan dalam membimbing serta membuka pola fikir pemuda millenial penerima hijrah untuk tetap berada kehidupan yang diselimuti oleh Alquran dan Hadist Rasulullah agar kebahagian Dunia dan Akhirat dapat dicapainya. (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Gelar Pengajian Akhir Pekan, RISKA Ajak Remaja Mantapkan Hati Berhijrah