gomuslim.co.id – International Council for Small Bisiness (ICSB) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerja sama dengan MUI Kota Depok menggelar Depok Halal Festival yang berlangsung di Main Atrium D-Mall Depok, 7 sampai 20 Oktober 2019. Ketua ICSB Kota Depok, Wahyudi Setiawan mengatakan ISCB Fokus untuk memajukan dan kolaborasi riset akademisi pelaku usaha dalam meningkatkan UMKM khususnya di Kota Depok.

“Dalam kegiatan Depok Halal Festival ini memiliki peran strategis untuk selalu berkolaborasi dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraaan untuk memajukan usaha kecil dan menengah,” ujar Wahyudi  di DMall, Kota Depok.

Adapun acara ini akan diselenggarakan selama 15 hari dirangkai dengan berbagai kegiatan serta talk show. “Ada berbagai penjualan produk halal dari UMKM dan pameran serta talk show,” terang Wahyudi.

 

Baca juga:

Begini Kemeriahan Jakarta Syariah Halal Festival 2019

 

Wahyudi menambahkan, kegiatan ini juga melibatkan BNI Syariah sebagai lembaga keuangan. Menurutnya, kegiatan yang melibatkan para UMKM sangat sejalan dengan BNI Syariah yaitu menumbuh kembangkan UMKM. “Kami siap berkominten mengembangkan ekonomi UMKM di Kota Depok,” ucapnya.

Dalam rangka mensukseskan acara Depok Halal Festival, pihaknya mensuport para UMKM dan bisa terus dilanjutkan secara berkesinambungan. Selain itu juga siap melayani dalam permodalan.

“Mudah-mudahan kehadiran BNI Syariah dapat bermanfaat bagi para UMKM khususnya di Kota Depok,” harapnya.

Sekretaris Daerah (Setda) Kota Depok, Hardiono yang membuka acara Depok Halal Festival ini berharap dapat meningkatkan perekonomian di Kota Depok. Salah satunya ini juga dapat menambah pendapatan Asli daerah (PAD) Kota Depok.

“Kota Depok pernah mendapatkan 11 persen PAD nya itu dari ekonomi kreatif. Salah satunya yaitu melalui UMKM, ada fashion, pembuatan film atau aplikasi dan ada 16 item lainnya yang semuanya itu berasal dari brain atas dasar pemikiran kita,” terangnya.

Menurut Hardiono, potensi Kota Depok, kekuatannya ada di usaha UMKM dan ekonomi kreatif. “Untuk sumber daya lain, bisa dibilang sumber perdagangan dan jasa. Oleh karenanya dalam hal ini perlu adanya kreativitas masyarakat Kota Depok itu sendiri,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), Muhammad Fitriawan mengatakan kegiatan Depok Halal Festival merupakan kali pertama diadakan di Kota Depok.

“Hal ini merupakan upaya-upaya positif untuk memastikan atau untuk mendorong produk-produk yang dikonsumsi yang harus halal. Saya berharap produk halal UMKM Kota Depok dapat bersaing di nasional maupun internasional,” pungkasnya. (nov/bisnis/rep)

 

Baca juga:

‘Muslim Lifestyle Festival 2019’ Jadi Pameran Industri Syariah Terlengkap Pertama di Jakarta