gomuslim.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru menyalurkan zakat sebesar Rp311.450.000 kepada 179 penerima atau mustahiq.

Zakat tahap IV ini diberikan secara simbolis oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, di Aula Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru.

“Jadi dana ini terhimpun dari zakat para ASN dilingkungan Pemko Pekanbaru, yang dikumpulkan UPZ Baznas Kota,” kata Ayat dalam keterangan tertulis pada Selasa, (08/10/2019).

Ia mengungkapkan, zakat ini disalurkan untuk lima program, diantaranya program Pekanbaru Makmur, Pekanbaru Makmur usaha santan di Rumbai Pesisir, Pekanbaru Cerdas, Pekanbaru Peduli dan Pekanbaru Taqwa. Setiap program menerima bantuan sebesar Rp3,9 juta sampai Rp206,4 juta.

 

Baca juga:

BAZNAS Jaksel Salurkan Dana Zakat kepada 1.432 Mustahik Wilayah Kebayoran Baru

 

Ayat berharap, dengan zakat yang telah disalurka ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh mustahiq. Katanya, dengan zakat ini mereka dapat membangun perekonomian keluarganya menjadi lebih baik.

“Kita harapkan penerima zakat ini dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Mereka yang bisa melawan rasa malas, pasti bisa meningkatkan taraf hidupnya,” papar Ayat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pekanbaru Akbarizan mengatakan zakat yang dikumpulkan dari para muzakki ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh mustahiq.

“Gunakan untuk modal usaha, jangan sampai beli handphone nanti,” tegasnya.

Ia menerangkan, mustahiq bisa berkomunikasi dengan Baznas untuk meningkatkan usaha mereka. Kemudian, masyarakat yang sebelumnya mustahiq, yang telah berhasil meningkatkan taraf hidupnya melalui zakat ini juga bisa menjadi Muzakki. (hmz/rilis/baznas)

 

 

Baca juga:

Baznas Kalsel Kirim 39 Peserta Ikuti Latihan Dasar Layanan Aktif