gomuslim.co.id – Sejumlah Pembina Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengikuti Focus Group Discussion (FGD) di Palembang, Sabtu, (05/10/2019). Dalam pertemuan tersebut diputuskan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) ke XV Tahun 2020 akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (Rafa) Palembang.

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Ruchman Basori menyatakan, perkemahan wirakarya merupakan ajang apresiasi dan unjuk karya atas pembinaan pramuka yang selama ini dilakukan oleh UIN, IAIN, STAIN dan PTKIS.

“Melalui PW PTK kita akan melihat kapasitas, kreativitas dan semangat mahasiswa pandega dari hasil pembinaan dan dinamika kegatan kepramukaan di pangkalan PTKI,” ujarnya.

Ia berharap PW PTK 2020 diperkuat dengan mengundang Pramuka Luar Negeri, minimal dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara untuk meningkatkan pergaulan dan kepedulian global.

“Menjadi keharusan pramuka PTKI untuk membangun kepedulian mengatasi radikalisme dan intoleransi antar kawasan dengan pramuka lain dengan mengedepankan moderasi beragama,” katanya.

Menurutnya, Perkemahan Wirakarya PTK harus menjawab kebutuhan pramuka mahasiswa yang notebenenya adalah generasi millenial dan menjawab tantangan revolusi industri 4,0.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia Waryono Abdul Ghofur mengatakan, kegiatan PW PTK harus sukses. Salah satu caranya, dengan mengedepankan koordinasi dan kolaborasi antara tuan rumah, Kementerian Agama, Wakil Rektor III dan unsur pembina pramuka.

 

Baca juga:

Ini Daftar 34 Pramuka Santri Peraih Golden Tikets ASEAN Outbound Kemenag

 

Waryono berharap melalui Gerakan Pramuka, pengembangan karakter, penguatan nilai-nilai kebangsaan sekaligus moderasi beragama menjadi efektif ditanamkan kepada mahasiswa PTKI.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Fatah Rina Antasari mengatakan menjadi tuan rumah PW PTK XV adalah kehormatan sekaligus tantangan bagi UIN Rafa. “Kita akan persiapkan dengan baik dengan menggandeng Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” ucapnya.

Perkemahan akan digelar di Desa Payakabung, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. “Pemda akan membantu penyiapan infrastruktur perkemahan yang berada di tanah seluas 20 Ha milik UIN Raden Fatah Palembang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia Kak Nanang Saikhu mengatakan, kegiatan FGD Pembina Pramuka PTKIN digelar untuk membahas revitalisasi Gerakan Pramuka di kalangan PTKI seraya membantu mempersiapkan penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya tahun depan.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan pembina PTKIN, Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Kerjasama UIN Jogjakarta, UIN Rafa dan IAIN Batusangkar. (jms/kemenag)

 

 

Baca juga:

Menag Resmi Buka Perkemahan Pramuka Santri Nasional 2018