Jelang Pemberlakuan Sertifikat Halal, Kepala BPJPH: MUI Belum Uji Kompetensi Auditor Halal

gomuslim.co.id – Jelang pemberlakuan sertifikasi halal, pada 17 Oktober 2019 mendatang, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum melakukan uji kompetensi terhadap auditor halal. Padahal, menurutnya BPJPH telah menyiapkan auditor halal untuk ikut uji kompetensi.

“Belum uji kompetensi, sudah melayangkan surat yang ketiga kalinya untuk permohonan uji kompetensi,” ujar Sukoso.

Pelaksanaan uji kompetensi auditor halal memang dilakukan oleh MUI. Sementara BPJPH hanya memberi pelatihan bagi calon auditor halal. Pelatihan yang diberikan juga menggunakan kurikulum yang dibuat BPJPH bersama MUI. Nantinya auditor halal tersebut akan mengisi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

 

Baca juga:

BPJPH Siapkan Sistem Pendaftaran Sertifikat Halal

 

Pelatihan auditor halal oleh BPJPH telah dilakukan sejak tahun 2018. Hingga September 2019 telah dilakukan pelatihan sebanyak 6 gelombang. “Total 240 orang dengan biaya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) BPJPH,” terang Sukoso.

Lebih lanjut, kata Sukoso, dari angka tersebut nantinya akan ditempatkan di LPH di berbagai wilayah Indonesia. Minimal dalam setiap LPH terdapat 3 orang auditor halal.

Berkaitan dengan uji kompetensi, Sukoso menyebut kini telah terbit Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk auditor halal. Hal itu akan menjadi patokan dalam uji kompetensi auditor halal. (nov/dbs/kontan)

 

Baca juga:

Urus Sertifikasi Halal Anti Ribet, BPJPH Siapkan Sistem Informasi Halal