gomuslim.co.id – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Medan terus mendorong para anggotanya yang bergerak dalam bidang usaha kuliner untuk mengantongi sertifikasi halal. Hal ini disampaikan Ketua IPEMI Medan Sri Wahyuni dalam Talkshow Sunday Funday Bersama IPEMI Medan, Ahad, (06/10/2019).

Menurutnya, saat ini sudah ada hampir 20 anggota IPEMI Medan yang memperoleh sertifikasi halal dari MUI. “Produknya memang masih di dalam negeri saja, tapi sudah ke beberapa daerah. Kita akan mendorong agar produk dari anggota-anggota IPEMI ini bisa go internasional karena memang produk kita sudah unggul baik dari segi rasa maupun pengemasan,” ujarnya.

IPEMI Medan sendiri, kata dia, memfasilitasi para muslimah yang bergabung dengan pelatihan pengemasan produk agar kelihatan menarik. Para anggota juga diajarkan bagaimana caranya mempromosikan produk termasuk melalui sosial media. Hal ini didukung pula oleh testimoni beberapa anggota IPEMI Medan dalam gelaran talkshow tersebut.

“Pengemasan produk anggota IPEMI Medan itu sangat cocok dibawa traveling ke luar negeri misalnya salah satu produk rendang anggota kita yang banyak menjadi pilihan masyarakat kala pergi ke Mekkah atau travelling ke Eropa. Sejauh ini saya rasa belum ada tantangan yang berarti jika ingin memasarkan produk para anggota IPEMI Medan ke luar negeri,” ungkapnya.

IPEMI sendiri merupakan wadah bagi para pengusaha muslimah. Namun bagi muslimah yang baru ingin memulai usaha juga bisa bergabung dengan IPEMI Medan.

“Para anggota akan mendapatkan pelatihan khusus setiap bulan, IPEMI Medan juga mencari peluang bazaar untuk para anggotanya, kita juga mengadakan Jumat Promo, dan IPEMI Medan juga terus menggandeng UKM ini agar lebih bagus dalam pengemasan produknya,” katanya.

 

Baca juga:

Lewati 1.500 Anggota IPEMI, Wagub NTB Raih TOP Eksekutif Muslimah

 

Menurut Sri, selama jeli melihat peluang dan berani menjalankan usaha, tak perlu khawatir akan tantangan dalam membangun usaha apalagi bagi muslimah di Kota Medan. Sedangkan untuk memperoleh sertifikat halal menurut Sri tak susah mendapatkannya di Kota Medan.

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Medan sangat membantu organisasi seperti kami ini. Bukan hanya IPEMI Medan tapi organisasi pengusaha lainnya juga diperhatikan oleh Pemerintah Kota Medan. Kedepannya saya tentunya berharap para UKM ini bisa semakin maju, bisa mempunyai store sendiri, dan usahanya juga semakin berkembang luas,” katanya.

Sri menambahkan, sejak berdiri setahun lalu hingga sekarang IPEMI Medan sudah mewadahi 100an lebih para pengusaha muslimah. Menariknya, meski terbilang masih muda, IPEMI Medan sudah mendapatkan peringkat ketiga sebagai PD terbaik IPEMI se Indonesia.

“Kategori penilaian ini bermacam-macam, seperti dari UKM yang diwadahi, kegiatan dakwah, kegiatan sosial, kekompakan seluruh anggota dan banyak lainnya. Termasuk kontribusi organisasi tersebut pada daerah tempat berdirinya,” katanya.

Ia mencontohkan, IPEMI Medan sudah memberikan kontribusi dalam memperindah Taman Kota yang terletak di Jalan A.Rivai, Medan Maimun yakni Taman Kota IPEMI Medan Ahoi. Selain itu juga IPEMI Kota Medan ini aktif membantu anggota yang membutuhkan label halal dari MUI. (jms/tribunmedan)

 

 

Baca juga:

JK Harap Pengusaha Muslim Indonesia Terus Bertambah