Berlokasi di Lombok Tengah dan Barat, NTB Akan Bangun Pusat Layanan Haji dan Umrah

gomuslim.co.id – Pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) sudah mulai dilaksanakan dibeberapa titik lokali di Indonesia. Salah satunya adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pembangunan proyek yang dibiayai dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini akan di bangun di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kemeneterian Agama Provinsi NTB Nasruddin saat menjadi narasumber Kegiataan Evaluasi Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah Pelaksanaan Proyek yang di Biayai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2019 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Tahun 2019 ini NTB nya mendapatkan 2 lokasi KUA dan Alhamdulillah atas kemurahan dari Pak Ses tahun ini juga mendapatkan dana SBSN untuyk pembangunan PLHUT Lombok Tengah,” kata Nasruddin.

NTB memiliki masyarakat yang tingkat animonya sangat tinggi, jika masyarakat menyetorkan setoran awal haji maka mereka akan berangkat 27 tahun lagi. Kuota jemaah haji NTB tahun ini berjumlah 4906 dari jumlah awal 4500 karena ada penambahan kuota 10 ribu

“Tahun ini kita mendapatkan kuota 380an hampir 1 kloter, sehingga jumlahnya 4906 dari awal kuota tahun lalu berjumlah 4500,” jelas Nasruddin.

Saat ini, lanjut Nasruddin, pelaksanaan pembangunan PLHUT Kabupeten Lombok Tengah sudah mencapai 50 persen, dia berharap sebelum akhir Desember 2019 pembangunan gedung itu sudah rampung.

 “Untuk pembangunan PLHUT Lombok Tengah dan mudah-mudahan akan dirampungkan pada bulan Desember karena saat ini pengerjaanya sudah 50 persen dan kami optimis 3 bulan kedepan akan rampung dan kami harap gedung pelayanan haji akan lebih bagus dari Kantor Kemenagnya,” jelasnya.

Menurut Nasruddin, SBSN merupakan utang negara maka harus dipertanggungjawabkan dan harus terealisasi pada tahun itu juga. Selain mendapatkan dana SBSN untuk pembangunan PLHUT, tahun ini NTB juga mendapatkan dana SBSN untuk pembangunan KUA di 2 lokasi. (riliskemenag/dbs/foto: ilustrasi)

 

Baca juga:

Mat Budin, Jemaah Haji Tertua Asal Aceh Wafat di Arab Saudi