gomuslim.co.id – Komunitas muslim yang tergabung dalam Adam Community Center terus berupaya membangun masjid di Kota Troy, Amerika Serikat. Akan tetapi, komunitas tersebut mengalami kesulitan dari Pemerintah setempat.

Dilansir Voice of America (VOA), Pemerintah Kota Troy terus berusaha menggagalkan Komunitas Adam Community Center dalam membangun masjid di wilayah itu dengan alasan melanggar penggunaan lahan. Katanya, dalam penataan ruang kota.

“Pejabat kota bahkan mendesak agar mencari lahan di kota-kota lainnya di dekatnya guna mencari lokasi yang tepat untuk dijadikan masjid,” kata organisasi yang biasa disebut Adam itu pada Kamis, (03/10/2019).

 

Baca juga:

Masjid Finsbury Park Jadi Tuan Rumah Acara Dukungan pada Anak Autis di London

 

Namun, Departemen Kehakiman AS mendukung Komunitas Adam yang menggugat Pemerintah Kota Troy karena menghambat rencana proyek masjid itu.

Gugatan hukum tersebut diajukan pada pertengahan September lalu berdasarkan RLUIPA, sebuah undang-undang federal yang melindungi rumah-rumah ibadah dari regulasi penggunaan lahan yang diskriminatif.

Hal itu merupakan bagian dari prakarsa Departemen Kehakiman pada tahun 2018 untuk mengintensifkan penegakan undang-undang itu.

Komunitas Adam sendiri telah berupaya mencari tempat untuk membangun masjid di Troy sejak 2013. Organisasi ini telah memiliki properti sendiri, sebuah bekas restoran dan balai pertemuan, yang ingin diubah menjadi masjid dan pusat kegiatan muslim. (hmz/voa)

 

 

Baca juga:

Muslim Indonesia di Nishio Jepang Beli Bangunan Bekas Gereja untuk Dijadikan Masjid