gomuslim.co.id – Sebuah pusat Islam di Willowbrook, Illinois membuka pintunya baru-baru ini untuk membangun jembatan antar agama di masyarakat. Imam dan Direktur Agama Masjid Willowbrook, Hassan Aly, mengatakan kegiatan ini menjadi kesempatan bagus untuk mengenalkan Islam kepada semua kalangan.

“Kami percaya cara terbaik untuk memahami satu sama lain dan bekerja dengan satu sama lain adalah dengan saling mendengarkan. Kesalahpahaman terjadi ketika kita membaca atau mendengar tentang satu sama lain, alih-alih berbicara satu sama lain,” ujar Hassan seperti dilansir dari publikasi Chicago Tribune, Kamis (03/10/2019).

Selain diajak tur keliling di dalam masjid, para tamu diberikan tato pacar gratis dengan nama mereka ditulis dalam bahasa Arab.

Pengunjung Masjid, Danielle dan Paolo Cairoli dari Crystal Lake dan anak-anak mereka menikmati kegiatan kunjungan gratis ini. Danielle Cairoli terlibat dalam prakarsa lintas agama di McHenry County yang diselenggarakan oleh Gereja Katolik Kebangkitan di Woodstock, Organisasi Komunitas Muslim Amerika di Lake in the Hills, dan Gereja Presbiterian Danau Ridgefield-Crystal Lake.

“Ini adalah kesempatan belajar bagi saya. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membangun persahabatan dan jembatan antara komunitas yang berbeda dan saling mendidik tentang agama yang berbeda,” kata Cairoli.

 

Baca juga:

Kenalkan Islam, Komunitas Muslim Illinois AS Gelar Acara ‘Makan Siang bersama Tetangga’

 

Awal bulan ini, Muslim di Peoria, Illinois membuka pintu masjid mereka untuk acara khusus bertajuk ‘Makan Siang dengan Tetangga’.

Muslim di seluruh dunia biasanya membuka pintu masjid mereka untuk para tamu agar mereka dapat melihat sekilas keimanan Islam dan pemahaman yang benar tentang ajarannya. Misalnya, Visit My Mosque Day yang diadakan setiap tahun di sejumlah negara termasuk Australia, Inggris, Norwegia, dan Prancis.

Di Inggris, ini pertama dimulai pada Februari 2015, dengan sekitar 20 masjid ikut serta. Sekitar 250 masjid berpartisipasi dalam acara tahun ini yang diadakan Februari lalu, menyaksikan pertumbuhan dari 200 masjid pada 2018 dan 150 masjid pada 2017.

Di Kanada, Visit My Mosque Day pertama kali diadakan pada Oktober 2017. Pada Oktober 2017, sekitar 100.000 non-Muslim mengunjungi lebih dari 900 masjid di seluruh Jerman. (jms/Chicago tribune/aboutislam)

 

Baca juga:

Pasca Serangan Masjid Selandia Baru, Khalil Center Amerika Utara Ini Gelar Healing Together di Empat Kota