gomuslim.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta menggelar Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) atau Kompetisi Membaca Kitab yang akan digelar Sabtu, (05/10/2019) mendatang. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan 22 cabang lomba yang dikompetisikan dari berbagai bidang seperti fiqih, nahwu, akhlak hingga debat berbahasa Inggris dan Arab.

Acara ini diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kecintaan santri kepada berbagai kitab rujukan berbahasa arab. Nantinya para santri diharapkan mampu untuk melakukan kajian dan pendalaman sehingga ilmu yang diperoleh bisa meningkat.

“Ada beberapa kitab berbahasa Arab yang kami persiapkan untuk pelaksanaan MQK ini” ungkap Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi, Rabu (02/10/2019).

 

Baca juga :

BNI Syariah Dukung Program Indonesia Bisa Baca Quran

 

Rencananya, sebanyak 400 santri dari 20 pondok pesantren di Yogyakarta akan bersaing mengikuti MQK ini. Pemenang dari kegiatan MQK tersebut kelak menjadi wakil Kota Yogyakarta untuk mengikuti kompetisi yang sama di tingkat DIY.

“Dari 34 pondok pesantren yang ada, sementara ini 20 pondok pesantren yang mengirimkan wakil,” ujar Nur.

Selain MQK, Kemenag Kota Yogyakarta juga akan menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kota Yogyakarta pada Ahad (06/10/2019) di kompleks Balai Kota Yogyakarta.Tercatat sebanyak 315 orang akan berkompetisi pada MTQ Kota Yogyakarta dari tujuh di tujuh bidang seni baca tulis Alquran yang dilombakan yakni tilawah, tahfiz, tafsir, khath, tafsir, dan makalah ilmiah Alquran.

“Pemenang MTQ ini juga akan mewakili Kota Yogyakarta untuk mengikuti MTQ di tingkat DIY. Seluruh peserta yang tampil di MTQ tingkat Kota Yogyakarta adalah wakil dari tiap-tiap kecamatan di Yogyakarta,” tuturnya. (waf/rep/dbs)

 

 

Baca juga:

Siap Digelar November 2019, Begini Prosedur Pendaftaran Kompetisi Robotik Madrasah V