gomuslim.co.id – Lembaga Amal Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Maluku memberikan bantuan penampungan air (tendon) bersih untuk pengungsi pasca Gempa tektonik dengan magnitude 6,5 skala richter yang melanda pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis (26/9) lalu.

Diketahui, dampak paling nyata pasca gempa bumi tersebut membuat masyarakat sekitar terutama para pengungsi mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih.

“Alhamdulillah BMH dapat menyediakan tandon air, agar masyarakat yang mengungsi di Dusun Walare, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah bisa mendapatkan air bersih dengan lebih mudah,” terang Kepala BMH Perwakilan Maluku, Ali Ikrom Tihurua keterangan tertulis pada Rabu (2/10)/2019).

 

Baca juga:

BMH Jatim Salurkan 600 Paket Pendidikan untuk Yatim Binaan Sunung Anyar

 

Ia menambahkan, biasanya, warga Dusun Walare mengunakan air bersih dari kali, yakni Sungai Wailata. Hal itu  karena memang belum ada akses PDAM di dusun tersebut.

Bantuan BMH ini disambut antusias oleh warga dan tokoh setempat. Di antaranya Kepala Dusun Walare, La Udu.

“Terima kasih sekali ini BMH kasih kita tandon air. Setengah mati kita mau dapat air. Bantuan ini sangat berarti bagi kami di sini,” tuturnya.

Sampai saat ini warga masih sangat membutuhkan bantuan untuk tersedianya terpal, beras, lauk pauk, genset, tim kesehatan dan obat-obatan, serta tim trauma healing.

“Bantuan yang masuk belum masif, sehingga kebutuhan mendasar pengungsi masih menjadi prioritas untuk dipenuhi. Insya Allah BMH akan terus membersamai warga dan pengungsi,” pungkasnya. (hmz/rilis/BMH)

 

 

Baca juga:

Gandeng Laznas Baitul Maal Hidayatullah, Bank Indonesia Perwakilan Maluku Salurkan Alat Ibadah