gomuslim.co.id – Demi menjadikan kota Pariaman Sumatera Barat (Sumbar) sebagai destinasi wisata halal, pemerintah Kota Pariaman lakukan penandatanganan komitmen daerah tertib ukur. Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan penandatanganan ini dilakukan dengan berbagai pihak yang menggunakan alat ukur atau timbangan.

“Pihak yang ikut berkomitmen itu seperti, PLN, POS, PDAM, pihak SPBU, Agen Elpiji, Dinas Kesahatan, dan Pegadaian,” katanya di kantor walikota Pariaman, Sumatera Barat.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan kepastian hukum dan ketertiban dalam menggunakan alat ukur seperti takar, timbangan dan perlengkapan lainnya.

Lebih lanjut, kata Genius, dengan adanya komitmen daerah tertib ukur ini, ketika masyarakat bertransaksi tidak merasa ditipu. Sebab kepastian hukumnya sudah ada.

“Kalau sudah tertib ukur, nanti masyarakat yang hendak membeli gas dan bensin atau yang lain, tidak perlu waswas lagi soal ukurannya. Kemudian bisa mendukung Kota Pariaman, sebagai kota tujuan wisata halal,” ucap Genius.

 

Baca juga:

Ini Kekuatan Kota Padang Jadi Destinasi Wisata Halal

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit mengatakan dengan adanya kepastian ukur ini, sehingga terciptanya persaingan usaha yang sehat, kemudian memperkuat pengawasan dan komitmen masyarakat atau konsumen untuk bisa mengawasi layanan yang diberikan, baik itu oleh BUMN, maupun pihak swasta.

“Kemudian tercipta juga pedagang yang jujur adil dan transparan, kalau kepastian ukur, takar, timbang dan perlengkapan lain sudah dijamin pemkot,” katanya.

Dikatakan Gusniyeti, dalam pengawasan agar tertib ukur tetap terjaga, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi terkait untuk melakukan pengawasanya. (nov/dbs/covesia)

 

 

Baca juga:

Sumbar Padukan Wisata Halal dan MICE untuk Gaet Wisatawan