gomuslim.co.id – Pelantun Alquran (Qari) asal Iran menjadi juara pertama dalam kompetisi MTQ tingkat Internasional ke-26 yang diselenggarakan di Kroasia.

Dilansir Aqna News pada Selasa, (01/10/2019), Qari tersebut bernama Hadi Esfidani. Ia  berhasil mensabet hadiah utama. Sementara Qari perwakilan Turki berada di urutan kedua dalam kategori ini.

Dalam kategori menghafal (Tahfidz) Al-Quran, utusan Libya pulang dengan hadiah utama. Mohammad Khakpoor Iran adalah runner-up dan peringkat ketiga dimenangkan bersama oleh perwakilan dari Kuwait dan Malaysia.

 

Baca juga:

Hadiri Kajian Light of Quran, Ini Kata Syekh Misyari Rasyid Tentang Indonesia

 

Kompetisi Quran Internasional ke-26 Kroasia dimulai di Islamic Centre of Zagreb pada hari Kamis (26/09/2019). Sebanyak 70 penghafal dan Qari Al-Quran dari 46 negara ikut serta dalam kompetisi ini.

Ahli-ahli Quran dari Kroasia, Perancis, Qatar, Turki, serta  Bosnia dan Herzegovina adalah anggota panel juri. Badan Islam Kroasia, Departemen Urusan Islam, menyelenggarakan lomnba setiap tahun. Kroasia adalah negara Eropa Timur dengan populasi sekitar lima juta.

Untuk diketahui, Islam adalah agama terbesar kedua di Kroasia setelah Kristen. Agama diikuti oleh 1,47% dari populasi negara itu menurut sensus 2011, dibandingkan dengan 91,06% Kristen. (hmz/aqnanews)

 

 

Baca juga:

Ribuan Masyarakat Kalbar Saksikan Majelis Tilawah Dewasa di Ajang STQ Nasional 2019