gomuslim.co.id – Produk syariah kini tidak hanya sebatas keuangan, tetapi juga merambat ke sektor properti. Salah satunya adalah deKOST Dramaga Riverside yang telah diluncurkan PT Amanah Indonesia Realty.

Apartemen kos syariah ekslusif dengan konsep vertikal kost sewa ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tahap awal, deKOST Dramaga Riverside menghadirkan proyek perdananya di area strategis yang dekat dengan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia di Kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Direktur Utama Amanah Realty, Teuku Fadhil Aruna mengatakan pihaknya telah menganggarkan modal kerja atau capex mencapai Rp150 miliar untuk membangun proyek tersebut. Proyek ini direncanakan memiliki tiga tower dengan total 1.200 unit.

Fadhil menyebut, saat ini bangunan vertikal kos sewa deKOST itu sudah terjual sebanyak 450 unit. Pihaknya optimistis proyek ini akan menarik karena lokasinya strategis dekat kawasan kampus IPB.

“Amanah Realty diharapkan menjadi pionir dalam mengembangkan properti dengan kepemilikan yang Insya Allah halal dan bebas dari riba. Kami memandang ide besar deKost Dramaga Riverside menjadi layak untuk diperkenalkan kepada para investor yang melihat ini sebagai salah satu investasi terbaik di ranah properti,” ujarnya baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan beragam fasilitas pendukung konsep syariah, seperti masjid kapasitas 600-800 orang, kolam renang dan gym terpisah (ikhwan dan akhwat). Sedangkan fasilitas non-fisik antara lain amanah-preneur, beasiswa, mentoring bisnis syariah, akses pada komunitas syariah dan program Islami lainnya.

“Ketiga tower berada di area 1,74 hektar dan dibagi untuk pria, perempuan, dan keluarga muda. Minat para orang tua mengambil apartemen ini cukup besar,” katanya.

Hunian vertikal eksklusif yang menempati lahan seluas 1,74 Ha, dengan kontur alamiah di sisi sungai (riverside), akan memberikan pengalaman yang istimewa bagi penghuninya. Apalagi beragam fasilitas pendukung juga akan tersedia di area deKOST Dramaga Riverside ini.

Direktur Marketing Amanah Realty, Ahmad Ferza mengatakan fasilitas penunjang ini dipastikan mampu melengkapi kenyamanan kost vertikal syariah pertama di Indonesia ini.

“Para penghuninya baik para mahasiswa/pelajar, karyawan, dapat beraktivitas secara efisien dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, tanpa harus khawatir kekurangan fasilitas penunjang,” ungkapnya.

Ahmad menjelaskan, pihaknya memilih kota Bogor menjadi lokasi project perdana deKOST Dramaga Riverside sebab Bogor memilki IPB sebagai salah satu kampus dengan perkembangan akademik yang cukup signifikan. Selain itu Bogor sebagai salah satu kota penyangga ibukota menjadi lokasi favorit pengembangan properti baik sebagai hunian maupun investasi.

 

Baca juga:

Hukum Investasi Properti dalam Islam

 

“Bogor dikenal sebagai salah satu kota yang islami dan menerapkan nilai-nilai ketimuran Yang cukup kental dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari,” jelasnya.

Selain di Bogor, Amanah Realty berencana akan menambah proyek di dua lokasi baru di tahun ini. Untuk mendukung realisasi investasi tersebut, pada tahap awal, Perseroan menyiapkan capital expenditure (capex) hingga Rp50 miliar. Sementara untuk pembangunan proyek deKost Dramaga Riverside, Perseroan menganggarkan capex sekitar Rp150 miliar.

Adapun, untuk unit pertama deKOST Dramaga Riverside di Bogor diperkirakan akan dimulai proses penyerahan pada Oktober tahun 2020.

Untuk memilki satu unit deKOST Dramaga Riverside di Bogor, nilai jual yang ditetapkan berkisar di angka Rp220 juta rupiah untuk satu unit seluas 16,10 m2. Namun Perseroan berharap akan terjadi peningkatan harga jual di kisaran 30% hingga 40%. 

Sementara itu, model pembiayaan untuk memilki unit di deKOST Dramaga Riverside pada tahap awal ini adalah berupa sistem pembiayaan internal, langsung kepada pengembang. Namun, Perseroan tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerjasama dengan Perbankan maupun Lembaga Keuangan Syariah, sepanjang memenuhi kaidah syariah yang berlaku. Seluruh proses diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dibawah pengawasan Ust. Dr. Erwandi Tarmizi, MA. (jms/metropolitan/dbs)

 

 

Baca juga:

Catat, Begini Anjuran Investasi dalam Islam