gomuslim.co.id – Wisata Halal menjadi tren dikalangan traveler saat berlibur. Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten merupakan jadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh wisatawan. Sebab kawasan ini memiliki panorama pantai yang indah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, penerapan wisata muslim friendly (ramah muslim) di Tanjung Lesung sedang berlangsung. Diharapkan wisatawan muslim semakin nyaman dan senang ketika berwisata di Tanjung Lesung

“Gubernur Jawa Barat dan Kementerian Pariwisata sangat mendukung program tersebut. Saat ini yang berusaha dikembangkan adalah wisata religi karena sangat berpotensi untuk Banten. Apalagi Kemenpar juga akan melakukan pemgembangan wisata religi,” kata Eneng pada Selasa, (01/10/2019).

 

Baca juga:

Indonesia dan UEA Kerjasama Kembangkan Pariwisata

 

Ia mengungkapkan, dalam rangka menerapkan wisata ramah muslim, terang Eneng, pihaknya menerapkan Sapta Pesona terlebih dulu. “Sebab kawasan ramah muslim pada hakikatnya adalah Sapta Pesona, yakni kawasan yang indah, nyaman, sejuk, aman, dan juga tertib.”

Dalam penerapan kawasan wisata ramah muslim, lanjutnya, praktiknya nanti terjadi pemisahan toilet laki-laki dan perempuan. Penyediaan fasilitas mushala yang memadai.

“Kami juga mempersiapkan berbagai kuliner yang sudah terjamin kehalalannya sehingga wisatawan muslim betah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Tanjung Lesung merupakan wisata yang terdampak tsunami pada 22 Desember 2018 lalu. Akibatnya sejumlah fasilitas hancur diterjang ombak. Tapi kini, pemerintah setempat dan Kementerian Pariwisata tengah berupaya merapikannya kembali. (hmz/muslimokezone)

 

 

Baca juga:

Ini Tiga Strategi Kemenpar untuk Pulihkan Wisata di Selat Sunda