gomuslim.co.id – Masjid Tsingoni terletak di Pulau Mayotte, Samudra Hindia, termasuk masjid tertua di Prancis yang dibangun pada 1538. Kini, masjid tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Masjid terlihat bocor, rusak pada langit-langitnya. Dindingnya juga retak.

Dilansir About Islam, Badirou Abdou, seorang perwakilan dewan lokal yang juga seorang jamaah yang sering beribadah di Masjid Tsingoni mengatakan, Kondisi masjid ini lembab, berdebu, kurang ventilasi.

“Saya rasanya tak tahan. Saya menderita alergi,” keluh Abdou pada Selasa, (1/10/2019).

Katanya, Saat ini Abdou melakukan ibadah di ruangan sementara yang berada satu lantai di atas masjid.

 

Baca juga:

Berdiri Sejak 1154 Masehi, Masjid Tua Al Hussein Akan Direnovasi Pertama Kali

 

Sementara itu, Direktur Budaya Komunitas Tsingoni, Ambass Ridjali mengungkapkan, Masjid Tsingoni berada di Pulau Mayotte yang jumlah penduduknya 95 persen adalah muslim. Masjid tertua yang ada di Prancis ini telah terdaftar sebagai salah satu monumen bersejarah di Prancis sejak tahun 2016.

“Ukiran pada sisi mihrab (sebuah ukiran di dinding yang menunjukkan arah kiblat) menyatakan bahwa masjid itu dibangun pada 1538 oleh Sultan Insa,” Ambass Ridjali.

Pengerjaan renovasi bangunan masjid tertua di Prancis ini ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020.

Kemudian, Meskipun kondisi di masjid saat ini bising, berdebu, dan banyak pekerja yang sedang merenovasi, salah seorang jamaah masjid, Abdillahi Salim tetap menggunakan aula utama masjid untuk beribadah.

“Di sinilah ayah dan kakek saya beribadah. Saya tidak mau beribadah di tempat lain,” ujar Abdillah.

Pulau Mayotte sendiri adalah bagian dari Kepulauan Komoro, yang terletak di Selat Mozambik utara di Samudra Hindia di lepas pantai Afrika Tenggara. Terletak di antara barat laut Madagaskar dan timur laut Mozambik. Agama mayoritas di Mayotte adalah Islam, dengan 97 persen populasi pemeluk Islam dan 3 persen Kristen. Prancis sendiri adalah rumah bagi komunitas muslim yang berjumlah hampir enam juta jiwa, yang dianggap sebagai negara dengan jumlah komunitas muslim terbesar di benua Eropa. (hmz/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Inilah Masjid Satu-Satunya di Negara Minoritas Muslim