gomuslim.co.id – Otoritas Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) menegaskan komitmennya tentang toleransi dan harmoni. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan fasilitas atau tempat untuk pemakaman bagi masyarakat non muslim.

Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat Abu Dhabi, Dr Saeed Mohammed Qarwash Al Rumaithi, mengatakan ketika Abu Dhabi berkomitmen semua penduduk bebas untuk mengekspresikan agama mereka, itu tidak hanya berarti praktik ibadah. Tetapi juga berlaku untuk upacara pemakaman dan penguburan.

Ia menyebutkan, dalam pesan toleransi, kuncinya adalah Kotamadya Abu Dhabi telah mengumumkan bahwa Ibukota memiliki tempat untuk kematian semua komunitas dan agama. Dan setiap orang bebas melakukan ritual yang terkait dengan pemakaman.

“Layanan pemakaman dan pemakaman yang disediakan oleh Departemen Kesehatan Masyarakat untuk non-Muslim mewujudkan visi kepemimpinan dalam menghormati orang dan agama sesuai dengan Tahun Toleransi,” kata Al Rumaithi seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Senin (30/09/2019).

 

Baca juga:

Begini Cara Pemerintah UEA Jaga Harmoni Keberagamaan

 

Dr Saeed menambahkan kuburan juga ditata dan dibangun sesuai dengan kepercayaan masyarakat. Pihaknya telah memberikan perhatian besar untuk menyediakan kuburan bagi komunitas Kristen di daerah Baniya. Area teduh disiapkan dan air disediakan untuk keluarga yang berduka.

Ucapan belasungkawa dari kotamadya juga dikirim melalui email. “Melalui inisiatif semacam itu, Kotamadya Abu Dhabi dianggap sebagai pelopor di bidang ini,” katanya.

Abu Dhabi telah membangun reputasi yang kuat untuk keragaman dan toleransi agama. Baru-baru ini, mereka telah memberikan izin ke tempat-tempat ibadah non-Muslim dalam upacara bersejarah.

Selain itu, Ibukota UEA juga berfokus pada mempromosikan wacana keagamaan melalui media, di masjid-masjid, berbagai pusat dan lembaga keagamaan, dengan tujuan menyatukan orang dan menjaga keharmonisan lintas emirat. (jms/khaleetimes)

 

Baca juga:

Menteri Toleransi: UEA Negara Muslim, Tetapi Terbuka untuk Semua