gomuslim.co.id – Kemarau yang masih terjadi disebagian besar wilayah di Indonesia membuat warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Seperti yang dialami warga Kabupaten Bandung Barat, untuk itu warga gelar shalat istisqa di Lapangan Kopasus, Batujajar berharap agar hujan turun.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat sebanyak 10 kecamatan mengalami kekeringan akibat musim kemarau ini.

“Titik kekeringan yang dilaporkan camat ada 10 kecamatan diantaranya Cipatat, Sindangkerta, Cipongkor, Cihampelas, Padalarang, Cisarua, dan Batujajar. Tapi belum tentu mengajukan permohonan bantuan air,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo.

 

Baca juga :

Sehari Setelah Salat Istisqa, Wilayah Pulang Pisau Diguyur Hujan

 

Untuk itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung Barat, KH Muhammad Ridwan, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan shalat istisqa karena sampai saat ini hujan belum turun di wilayah tersebut.

“Harapannya (shalat istisqa) segera turun hujan, sudah kering. Warga kesulitan peroleh air bersih dan pertanian kena dampak,” ujarnya, Senin (30/09/2019).

Ia menambahkan ratusan siswa di Kabupaten Bandung Barat, TNI, beserta masyarakat ikut melaksanakan shalat istisqa ini. (waf/dbs/rep)