gomuslim.co.id – Rumah Zakat Action kembali mengirimkan relawan untuk membantu menanggulangi dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibeberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kali ini sebanyak tujuh orang relawan diterjunkan untuk tangani karhutla di Kota Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Karhutla yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia berdampak pada kesehatan masyarakat. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi udara di Kota Pekanbaru, Sampit, dan Palembang sudah memasuki status berbahaya.

Dilengkapi perlengkapan mesin pompa air, para relawan bantu padamkan api di wilayah tersebut. Selain itu akan disiapkan juga rumah bebas asap atau safe house dan mobil ambulan oksigen bagi warga terdampak kabut asap.

 

Baca juga :

Bantu Padamkan Karhutla di Lereng Merbabu, Rumah Zakat Action Semarang Terjunkan Relawan 

 

Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda  menjelaskan, safe house ini menjadi tempat tinggal sementara. “Safe house ini merupakan tempat tinggal sementara bagi warga yang terpapar kabut asap. Tempat ini kedap udara dan ada pendingin ruangan, setidaknya keadaan mereka lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya, Rabu (25/09/2019).

Disediakan pula layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar. Sebelumnya tim Rumah Zakat Action juga mengirimkan relawannya ke wilayah terdampak kabut asap yakni Pekanbaru, Pontianak, Palembang, Palangkaraya, Banjarmasin, Padang dan Medan. (waf/rz/dbs)