gomuslim.co.id – Kerajaan Arab Saudi akan kembali menggelar Festival Tantora pada musim dingin tahun ini. Rencananya, festival yang dimulai sejak tahun lalu ini akan berlangsung pada 19 Desember 2019 mendatang setelah berakhirnya kegiatan Riyadh Season.

Festival ini akan menjadi bagian dari AlUla Season, salah satu dari 11 Season Saudi yang berlangsung di seluruh Kerajaan pada tahun 2019.

Tahun lalu, festival selama 10 minggu ini berhasil menarik 37.000 pengunjung dari seluruh dunia. Mereka menghadiri konser yang dimeriahkan seniman seperti tenor superstar Italia Andrea Bocelli, ikon pop Lebanon Majida El-Roumi dan pianis Tiongkok Lang Lang yang terkenal di dunia.

Musim dingin di Tantora begitu populer sehingga tiket konser sering terjual habis dalam beberapa menit setelah rilis. Hal ini mendorong para pejabat untuk memperpanjang festival selama dua minggu pada tahun lalu.

Untuk tahun ini, program festival akan diperpanjang dan ditambah selama dua minggu. Diharapkan festival ini menarik 40.000 pengunjung. Bocelli dan Yanni dijadwalkan untuk kembali  tampil. Selain itu penampilan juga akan disuguhkan Lionel Richie, Rod Stewart dan Enrique Iglesias.

Update terkait kegiatan ini pun akan terus dipublikasikan melalui situs web resmi experiencealula.com dan akun media sosial resmi penyelenggara.

Selain konser, beberapa acara lain akan berlangsung, termasuk acara memasak para koki dari restoran berbintang Michelin, pacuan kuda Fursan dan festival balon AlUla. Ada juga tur Madain Saleh, situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi, dan landmark seperti Elephant Rock yang terkenal di AlUla.

Digambarkan sebagai permata arkeologis Kerajaan, AlUla telah menjadi titik pertemuan banyak peradaban. Penghuninya yang bangga akan menyambut pengunjung untuk menemukan kedalaman budaya mereka. Musim dingin di Tantora adalah perayaan kehidupan, budaya, warisan dan keindahan.

Tebing batu pasir vertikal yang mengelilingi AlUla memberikan permukaan yang luas untuk seni cadas dan menjadikannya salah satu daerah petroglif yang lebih kaya di Kerajaan.

 

Baca juga:

Terbesar, Terminal 1 Bandara Internasional King Abdul Aziz Saudi Resmi Dibuka

 

Gunung Ikma terletak di bagian selatan AlUla, dengan panel petroglyph besar yang menampilkan ratusan gambar, termasuk penggambaran adegan perburuan dengan manusia dan berbagai binatang. Fitur utamanya adalah sisa-sisa yang diawetkan dengan baik sejak zaman akhir, dan 131 kuburan batu yang dihubungkan dengan kerajaan Nabatea.

Tempat-tempat wisata lainnya termasuk situs Al-Khoraiba, bagian dari reruntuhan kota kuno Dadan, merupakan kota metropolis kerajaan Dadanian. Ini termasuk situs arkeologi, batu pahatan, dan prasasti yang mendokumentasikan kegiatan ekonomi, politik, agama dan sosial.

Harrat Uwayrid adalah gerbang 400 batu, yang diperkirakan digunakan untuk menjebak binatang, dengan kuburan yang tersebar di seluruh ladang lava. Daya tarik lain adalah batu pasir alam raksasa yang menyerupai gajah dengan belalainya yang menyentuh tanah.

Peninggalan arkeologis telah ada sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Banyaknya wisata alam menjadikan AlUla salah satu keajaiban dunia yang belum ditemukan yang terbesar.

Musim dingin di Tantora terinspirasi oleh tradisi AlUla yang telah berlangsung lama dan menginspirasi. Festival tahun ini akan mengikuti empat tema utama: Perwujudan kembali warisan, oasis budaya, petualangan dan penemuan, dan surga yang tenang. Tiket akan tersedia di experiencealula.com. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

Edukasi Peraturan Lalu Lintas, Pemerintah Saudi Resmikan Kota Anak-Anak