Dampingi Pangeran Harry, Meghan Markle Kunjungi Masjid Tertua di Afrika Selatan Pakai Kudung

gomuslim.co.id – Pangeran Harry beserta istri, Meghan Markle mengisi tur Afrika yang mereka jalani dengan mengunjungi masjid Auwal di Bo Kaap, Afrika Selatan. Dalam unggahan di Instagram resminya, pihak Kerajaan Inggris mengisahkan perjalanan keduanya dalam keterangan foto.

“Sebagai bagian dari kunjungan mereka, Yang Mulia [Pangeran Harry dan Meghan Markle] mengunjungi Masjid Auwal, sebagai yang pertama dan tertua di Afrika Selatan. Berdiri sebagai sebuah simbol kebebasan mantan budak untuk beribadah, Masjid ini menyediakan berbagai acara dengan pemimpin muda Muslim, Kristiani, dan Yahudi, dan mendorong pertemanan dan pengertian antar masyarakat Afrika Selatan yang beragam,” tulis pihak Kerajaan Inggris.

 

 

Bukan hanya melampirkan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang duduk di dalam masjid, pihak Istana juga melampirkan sejumlah foto Meghan yang mengenakan kudung dan berinteraksi dengan anak-anak di masjid tersebut.

Sejumlah video yang beredar di media sosial juga menunjukkan Meghan Markle berinteraksi dengan para pengurus masjid dan tokoh masyarakat setempat.

Meghan Markle bukan wanita pertama yang mengenakan kudung untuk menghargai umat Muslim saat melakukan kunjungan. Sebelumnya, Putri Diana dan Kate Middleton pernah melakukan hal serupa.

Afrika merupakan salah satu tempat bersejarah bagi pasangan kerajaan karena Meghan dan Harry kerap kali mengunjungi wilayah tersebut.

 

 

Saat berkunjung ke Masjid Auwal, Duke dan Duchess mendapat sambutan hangat. Shaamiela Samodien, yang memasak untuk pasangan itu, mengatakan bahwa mereka merasa terhormat menjadi tuan rumah keluarga kerajaan.

“Itu membuat kami merasa senang. Mereka mencoba koeksisters (donat Afrika Selatan) dan apple crumble,” ujarnya. Selama kunjungan mereka, pasangan kerajaan ini juga melihat manuskrip Alquran yang diketahui pertama di Afrika Selatan, yang disusun oleh Iman pertama, Qadi Abdussalam, yang dikenal sebagai Tuan Guru. (nov/dbs/CNN/AFP/instagram)

 

Baca juga:

Inilah Masjid Wadi Al Husein, Saksi Sejarah Islam di Thailand Abad ke-17