gomuslim.co.id – Pengurus forum penjaminan mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) periode 2019-2021 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilaksanakan setelah Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: 4841 Tahun 2019 tentang Forum Penjaminan Mutu PTKIN periode 2019-2021 terbit dan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu PTKI, Kementerian Agama (Kemenag). 

Menurut Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim,  tantangan bagi PTKI adalah dalam peningkatan mutu dan kualitas bagi perkembangan pendidikan. Ia pun meminta kepada para pimpinan untuk terus berusaha meningkatkan nilai akreditasi, baik akreditasi institusi maupun program studi.

“Mutu harus menjadi prioritas utama bagi pengembangan pendidikan serta lulusan yang harus memiliki kapasitas yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja,” ujarnya di Lampung, Rabu (25/09/2019).

 

Baca juga :

Ini Daftar PTKIN Penerima Penghargaan Pengusul Proposal Penelitian Terbaik

 

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga mengatakan, dalam rangka percepatan akreditasi, pihaknya sedang memproses pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Keagamaan yang nantinya akan menjadi lembaga yang mengakreditasi khusus program studi keagaman di bawah Kementerian Agama.

M. Adib Abduhsomad selaku Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama menjelaskan jika forum penjaminan mutu PTKIN bertugas untuk melakukan koordinasi pelaksanaan penjaminan mutu dalam rangka penerapan SPMI yang terintegrasi dengan IT. Selain itu, forum juga bertugas melakukan pendampingan PTKIN dalam hal penerapan SPMI serta melakukan progres perkembangan penjaminan mutu PTKIN. 

Berikut ini struktur forum penjaminan mutu PTKIN periode 2019-2021:
Ketua Presidium : Dr. Hidayatullah, M.Pd
Wakil Ketua: Dr. Helmi Syaifuddin, MA
Sekretaris: Nalim, M.Si 
Korwil Barat: Indrawati, M.Pd
Anggota: Dr. Yasmadi
Korwil Timur: Dr. A. Saepul Hamdani
Anggota: Dr. M. Edi Kurnanto 
Korwil Timur: Isriany Ismail, M.Si
Anggota: Uswatun Hasanah, M.Pd
(LIP)

(waf/kemenag)