Bantu Padamkan Karhutla di Lereng Merbabu, Rumah Zakat Action Semarang Terjunkan Relawan 

gomuslim.co.id – Rumah Zakat Acton Semarang mengirim relawan untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Lereng Merbabu tepatnya berada di atas Desa Ngagrong, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Prov. Jawa Tengah.

Kali ini, sebanyak 5 orang relawan bersama relawan gabungan naik ke lereng Merbabu untuk membantu proses pemadaman dan menyisir lokasi kebakaran. Sampai berita ini diturunkan masih ada 4 titik api yang masih belum padam.

Tidak hanya untuk aksi pemadaman, Rumah Zakat Action juga menurunkan tim medis sebanyak 3 orang untuk melakukan cek kesehatan relawan gabungan yang membantu pemadaman dan menyalurkan APD (Alat Perlindungan Diri) serta buah dan kornet untuk relawan di lokasi.

 

Baca juga:

Respon Karhutla, DMI Serukan Umat Islam Lakukan Salat Istisqa

 

“Kami minta seluruh warga Indonesia untuk doa bersama memberikan kekuatan kepada relawan di lokasi dan kesabaran bencana karhutla untuk berlalu, Aamiin,” ujar Bencana dan Kemanusian Officer Rumah Zakat, Abdullah Tsabit.

Untuk diketahui, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Jawa Tengah (Jateng) yakni 2.958 hektar hutan dan lahan terbakar. Kawasan yang berada di empat gunung besar di Jawa Tengah mengalami merupakan daerah yang paling luas mengalami karhutla.

Gunung tersebut diantaranya yakni Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Sumbing. Data terbaru dari BNPB kebakaran dari dua dari gunung dinyatakan telah padam, sementara dua lainnya masih berstatus terbakar. (nov/idntimes/rumahzakat)

 

Baca juga:

BAZNAS Bagikan 30 Ribu Masker untuk Korban Karhutla di Tiga Provinsi